Selasa, 24 April 2012

PRAMUSAJI HOTEL & RESTORAN



1.      Pengertian Pramusaji Hotel & Restoran
Pramusaji (Waiter) adalah seseorang yang mempunyai tugas dan tanggung jawab melayani kebutuhan makan dan minum bagi para tamu secara profesional.  Mereka sangat berperan dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan yang secara tidak langsung akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Lewat komunikasi dengan para pelanggan, seorang pramusaji harus  dapat segera mendeteksi keingginan dan kebutuhan para pelanggan untuk mewujudkannya.
2.      Syarat-syarat Pramusaji Hotel
a.      Syarat Fisik
1.      Sehat Jasmani
-          Pendegaran normal
-          Gigi & kuku terawatt baik/rapih
-          Tidak mengidap penyakit menular seperti TBC, Hepatitis Dst.
-          Tidak cacat fisik
2.      Berpenampilan Rapih
-          Badan tegap, tidak loyo
-          Berpakaian rapi & selalu memakai uniform kerja
-          Selalu menggunakan atribut yang telah ditentukan management seperti name tage atau symbol perusahaan.
-          Tidak memakai perhiasan yang berlebihan
-          Khusus wanita, make-up disesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan serta rambut terikat rapi kebelakang dengan menggunakan harnet.
-          Untuk laki-laki tidak memelihara kumis & jenggot serta rambut tidak gondrong
-          Bebas bau badan dan mulut.

B. Syarat non Fisik
- Sehat rohani, tidak menggalami gangguan jiwa/kekacauan mental & emosional, tidak stress atau frustasi
- Mampu berkomunikasi dengan bahasa yang dimengerti satu sama lain dan minimal 2 bahasa yaitu B. Indonesia dan Inggris.
- Bersikap ceria & murah senyum
- Sabar, jujur & disiplin dalam Situasi dan kondisi apapun.
- Tanggap, trampil cermat dalam bertindak.
- Mudah bergaul.
- Mampu dengan cepat memahami maksud orang lain.
- Mengguasai teknik menjual dan bekerja sesuai petunjuk pelaksanaan yang telah ditetapkan management.
- Memiliki sifat suka menolong.
- Percaya diri dan tidak sombong.
- Berpengalaman dan berpendidikan dibidangnya.

Apa yang dimaksud dengan pelayanan (SERVICE)
Smile for every one ( Senyum kepada semua orang)
Exellent in everything we do ( Melakukan yg terbaik dlm segala hal yg kita lakukan)
Reaching out to every guest with hospitality ( Mendekati tamu dgn keramah-tamahan)
Viewing every guest as special (Memandang setiap tamu adalah special)
Inviting guest to return ( Mengundang tamu untuk datang kembali)
Creating a warm atmosphere ( Menciptakan suasana yang hangat)
Eye contact that shows we are ( Saling memandang menunjukan perhatian)

GROOMING (Appearance)
Adalah suatu kondisi penampilan menyeluruh yang terawat rapih dan bersih dari seseorang yang disesuaikan dengan waktu, tempat, acara dan kepentingan. Yang dimaksud dengan penampilan adalah segala sesuatu menyangkut penampilan diri pribadi yang ditunjang oleh :
Ø  Merawat kebersihan dan kesehatan diri (personal care and hygiene)
Ø  Tata busana (dress code)
Ø  Tata rias wajah dan rambut (make-up and hair do)
Ø  Perhiasan (accessories)
PERSONAL GROMING
Seseorang yang sangat memperdulikan penampilan pribadinya akan banyak mengadakan waktu untuk melakukan berbagai langkah dan sikap untuk menjaga personal groming secara maksimal sesuai dengan standard opini public dan norma-norma yang berlaku dilingkungan masyarakat tersebut.

FOOD & BEVERAGE DEPARTEMENT
1.      Pengertian F&B Dept.
Definisi F&B Dept secara umum adalah bagian mengurus makanan dan minuman, sedangkan secara khusus (dilihat dari perhotelan ) adalah bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun tidak tinggal dan dikelola secara komersial dan professional.




2.      Pembagian F&B Dept.
a.      Dept F&B Front Service bertugas dibagian depan yaitu : Restoran, Lobby, Coffee shop, bar, banquet dan room service
b.      Dept F&B Back Service bertugas dibagian belakang yaitu : Kitchen, stewarding, swimingpooll, service bar dan kantin karyawan.
3.      Tujuan F&B Dept.
Menjual makanan dan minuman sebanyak-banyaknya dengan harga yang telah ditentuakan sesuai standart, memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada tamu hingga tamu merasa puas dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan kesinambungan usaha.
4.      ROOM SERVICE
Hotel berbintang biasanya mengoperasikan pelayanan room service selama 24 jam. Pelayanan dilakukan dikkamar masing-masing, berdasarkan suatu system tertentu dan pemilihan waktu yang tepat. Harga makanan dan minuman biasanya lebih tinggi dari pada coffee shop.
5.      BANQUET
Pelayanan banquet bisa dilakukan di hotel, maupun diluar hotel berupa out side catering. Pelayanan banquet biasanya dilakukan dalam jumlah besar dan untuk kesempatan-kesempatan khusus seperti konvensi, seminar, penggalangan dana, halalbihalal, buka puasa bersama, acara pesta pernikahan/ulangtahun, jamuan makan dll.
PENGETAHUAN MENU
A.      Pengertian Tentang Menu
Pengertian istilah menu bisa bermacam-macam, tergantung dari sudut pandangnya antara lain :
v  Secara umum istilah menu dapat diartikan sebagai daftar menu atau rangkaian jenis makanan dan minuman yang tersedia dan siap dihidangkan.
v  Dari sudut pandang tamu restaurant yaitu daftar makanan yang bisa dipilih sesuai selera tamu tersebut.
v  Dari sudut jamuan makan adalah daftar urutan makanan yang akan disajikan.
v  Dari sudut pandang koki adalah daftar makanan yang harus dimasak.
v  Dari sudut pandang waiter adalah daftar makanan yang harus dijual.
v  Dari sudut pandang pengusaha adalah daftar makanan yang dapat memberikan keuntungan.
v  Dari sudut pandang pemerintah adalah daftar makanan yang dapat menjadikan sumber lapangan pekerjaan dan pendapatan pajak.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar